Peristiwa

Hilal Tak Terlihat di Surabaya, Idul Fitri 1442 H Jatuh Hari Kamis

Surabaya (beritajatim.com) – Hari raya Idul Fitri 1442 ditetapkan pada Kamis (13/5/2021). Hal ini setelah rukiyah hilal di lantai 55 One Icon Residene, Surabaya yang dilakukan tim Rukyatul Hilal Lajnah Falakiyah PCNU Kota Surabaya, Selasa (11/5/2021).

Dari hasil rukyatul hilal tersebut, Imron Rosadi, Ketua Lajnah Falakiyah PCNU tidak berhasil melihat hilal hingga maghrib pukul 17.25 WIB, bulan masih di bawah ufuk.

“Sore ini dari data hilal terkonfirmasi hilal masih belum terlihat karena masih di bawah ufuk hingga pada pukul 17.21 wib dan laporan ini langsung disampaikan ke sidang isbat Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Surabaya,” tuturnya.

Ia menambahkan, karena bulan masih berada di bawah ufuk, Ramadan diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari sampai lusa.

Sementara itu Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya telah memberikan ijin untuk melaksanakan Sholat Ied dengan kriteria zona hijau 50 persen, zona kuning 50 persen, dan zona merah 15 persen.

“Meski hari ini hilal belum terlihat dan Lebaran ditetapkan pada 13 Mei 2021 dalam artian Kamis mendatang, namun kemarin saya sudah sampaikan jika pemerintah telah memberikan ijin pelaksanaan sholat ied dengan beberapa kriteria,” ungkap Eri Cahyadi, Selasa (11/5/2021). [way/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar