Peristiwa

Bukan Hanya Manusia

Hewan Milik Korban Banjir di Jombang Juga Dapat Layanan Kesehatan

Sapi milik pengungsi yang berada di depan Balai Desa Gondangmanis, Sabtu (6/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Posko kesehatan berdiri di sejumlah dusun di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Posko tersebut memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga terdampak banjir.

Bukan hanya untuk manusia, pelayanan kesehatan juga diberikan untuk hewan milik warga terdampak. Hewan ternak tersebut juga mendapatkan pelayanan secara gratis. Demikian diungkapkan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Sabtu (13/2/2021).

“Kami atas nama masyarakat Jombang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu warga terdampak banjir Jombang. Termasuk bantuan dari perhimpunan dokter hewan yang banyak membantu warga,” kata Mundjidah.

Mundjidah menjelaskan, masalah kesehatan, warga terdampak dibantu oleh dokter Unair, kemudian Puskesmas. Serta bantuan dari perhimpunan dokter hewan yang memberikan pakan, obat-obatan, serta pemeriksaan kesehatan untuk hewan. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” ujarnya.

Bupati Jombang tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mensos RI Tri Rismaharini dan berbagai pihak yang turut peduli membantu warga terdampak banjir di Kabupaten Jombang. “Banyak sekali bantuan yang di berikan kepada warga terdampak banjir di Bandar Kedungmulyo, baik dari pusat, Provinsi juga daerah, semua saling bersinergi membantu,” katanya menegaskan.

Seperti diberitakan, banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo disebabkan beberapa titik tanggul jebol. Diantaranya, tanggul Sungai Avur di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo jebol di dua titik. Yakni di Dusun Plosorejo dengan lebar kurang lebih 20 meter. Tanggul tersebut jebol pada Kamis (4/2/2021) sekitar jam tiga dini hari.

Kemudian di Dusun Kedunggabus. Tanggul yang jebol di dusun tersebut sepanjang 10 meter. Sementara di Desa Gondangmanis tanggul jebol seluas 20 meter. Tepatnya di Dusun Prayungan. Lagi-lagi, air tersebut masuk area persawahan.

Juga di Desa Brangkal, tanggul Sungai Avur jebool di dua titik. Masing-masing sepanjang 10 dan 7 meter. Jebolnya tanggul ini sekitar pukul setengah enam pagi. Pada Sabtu (6/2/2021), banjir di Dusun Manisrenggo, Gondangmanis mulai surut.

Namun muncul lagi banjir baru di dua desa lainnya. Yakni Desa Pucangsimo dan Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Banjir di Bandar Kedungmulyo ini cukup parah. Ketinggian air mencapai 2 meter. Ribuan warga meninggalkan rumah untuk mengungsi. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar