Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Hembusan Abu Vulkanik Gunung Semeru Menjauh dari Kabupaten Probolinggo

foto/bmkg

Probolinggo (beritajatim.com) – Abu Vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang mengarah ke arah barat daya. Oleh sebab itu Kabupaten Probolinggo yang menjadi tetangga Lumajang masih belum merasakan dampak dari hembusan abu Vulkanik tersebut.

Aries Setyawan, Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo mengatakan, sejauh ini Kabupaten Probolinggo masih belum merasakan dampak abu vulkanik yang diakibatkan oleh erupsi Gunung Semeru.

Hal itu dikarenakan angin yang berhembus ke arah barat daya, dan membawa abu vulkanik menjauh dari wilayah Kabupaten Probolinggo. “Karena awal abu vulkaniknya itu mengarah ke barat daya,” ujaranya, Sabtu (4/12/2021) petang.

Kendati demikian, pihaknya akan terus mewaspadai perubahan arah mata angin yang sewaktu-waktu mengarah ke Kabupaten Probolinggo. “Khawatir arah anginnya bisa berubah mengarah ke timur laut. Abu Vulkaniknya mengarah ke Probolinggo seperti Sumber, ke arah timurnya itu Tegalsiwalan, Leces,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Gung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12/2021) sore, mengelami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik. [tr/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar