Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Haul KH Hamid, Jemaah Mulai Berdatangan ke Kota Pasuruan

Sejumlah jemaah dari luar kota naik kendaraan terbuka untuk ikut Haul KH Hamid di Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Pelaksanaan Haul KH Abdul Hamid di Kota Pasuruan banyak didatangi jamaah. Tidak hanya jamaah dari wilayah Pasuruan, banyak juga jamaah yang datang dari luar wilayah Pasuruan.

Salah satunya Muhammad, warga Kota Gresik ini bertolak dari tempat asalnya setelah Sholat Subuh. Sesampainya di lokasi Muhammad langsung menuju tempat pemakaman untuk berdoa.

“Saya tadi berangkat dari Gresik setelah Sholat Subuh sekitar pukul 04:30 WIB. Saya ke Pasuruan memang niat untuk mengikuti gelaran Haul KH Abdul Hamid. Acara ini cuman dilakukan satu tahun sekali dan tahun ini Alhamdulillah bisa digelar secara offline maupun online,” ujar pria yang memakai busana muslim lengkap dengan pecinya.

Kebanyakaan jamaah yang mengikuti Haul KH Abdul Hamid ini rombongan dengan sanak saudaranya. Ada yang naik perahu, angkutan umum, mobil pribadi, bahkan ada yang naik pikep dan duduk di belakangnya.

Sejumlah warga luar Kota pasuruan mulai berbondong-bondong ikuti Haul KH Hamid

Tak hanya jamaah yang ikut meramaikan acara haul ini. Ada juga pedagang yang menjual makanan dan pernak pernik khusus di perhelatan setahun sekali ini.

Seperti halnya penjual sate Mujib yang berdagang di alun-alun Kota Pasuruan. Mujib sudah 40 tahun berdagang sate dan setiap ada penghelatan Haul KH Abdul Hamid ia selalu hadir di Kota Pasuruan.

“Saya sudah dagang selama 40 tahun, dan selama perhelatan Haul saya selalu ke Pasuruan. Saya yakin jika berjualan di sini Insya Allah saya akan kecipratan (kebagian) rezeki,” ujarnya selagi menyiapkan sate. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar