Peristiwa

Hati-hati! Banyak Pohon Tumbang di Jalur Cangar-Pacet

Petugas saat melakukan evakuasi pohon tumbang di jalur Cangar-Pacet. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Akibat angin kencang yang terjadi sejak dua hari, banyak pohon tumbang di jalur Cangar, Kota Batu-Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pengendara dihimbau untuk berhati-hati khususnya roda empat karena proses evakuasi masih berlangsung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, angin kencang terjadi sejak Sabtu (19/10/2019) malam. “Sekira pukul 22.00 WIB, angin terjadi di wilayah Pacet,” ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Masih kata Zaini, angin kencang dengan berkecepatan 40-50 KM/jam tersebut menyebabkan banyak pohon tumbang di sepanjang jalur Cangar, Kota Batu dan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tepatnya di sepanjang Jalan Petung Sewu dan Jalan Pemandian Air Panas Cangar.

“Kurang lebih sekitar 10 pohon jenis anggrung, tutup, pasang dan lain sebagainya tumbang. Karena diameter pohon cukup besar yakni antara 50 sampai 60 cm menyebabkan jalur Cangar-Pacet tertutup. Sehingga dari kemarin, jalur ini ditutup. Proses evakuasi masih dilakukan petugas,” katanya.

Zaini menambahkan, saat ini kondisi jalan belum bisa dilewati oleh kendaraan besar seperti truk dan lainnya. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat bisa melewati, namun masih membahayakan bagi pengguna jalan via jalur Cangar-Pacet.

“Evakuasi pohon sudah dilakukan sejak kemarin, kita dibantu petugas Tahura, Koramil, Polsek Pacet dan relawan LPBI-NU melakukan evakuasi pohon. Tadi pagi, juga banyak pohon tumbang┬ásusulan di jalur yang sama karena angin yang masih cukup kencang,” jelasnya.

Minggu (20/10/2019), sebuah pohon besar di pinggir Jembatan Desa Cembor, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto juga tumbang. Pohon jenis Bendo dengan ketinggian 80 meter tersebut tumbang dan menimpa jembatan penghubung Trawas-Pacet. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar