Peristiwa

Haru dan Bahagia Berbaur, Anak-anak Rasakan Sejarah Takbiran di Rumah Saja

Surabaya (beritajatim.com) – Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Lailaha illallahu wallahu Akbar Allahu Akbar Walillahilham… Takbir kemenangan sudah bergema. Rasa haru dan bahagia berbaur dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Anak-anak ini tak menyangka jika mereka harus merasakan takbir tanpa keliling bersama anak-anak lainya, Jumat (23/5/2020). Jika biasanya mereka melakukan takbir keliling bersama ratusan anak lain. Kini mereka hanya bisa duduk di teras rumah untuk mengumandangkan kemenangan yang fitri ini.

Bilal Insan Zuhud (13) warga Manyartegal, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya ini mengaku senang dan bahagia meski takbiran hanya di teras rumah.

“Senang dan lepas rasanya bisa takbiran. Meski berbeda dengan tahun sebelumnya, takbiran di rumah aja ini sudah membuatnya lega,” ucapnya kepada beritajatim.com.

Menggunakan botol mineral bekas, Bilal bersam tiga adik dan satu orang tetangganya mencoba menyalurkan kemenangan usai puasa 30 hari. Keempat anak ini mengaku puasa 30 hari lalu tak ada satupun yang bolong.

Maka seperti tahun sebelumnya, mereka pun melepaskan kemenangan dengan memukul botol layaknya alat musik. Suara alat tak bernada ini pun terdengar adem dengan diiringi lagu takbir.

“Ya tadi disuruh bapak sama ibu untuk takbiran di rumah saja. Ya pakai botol ini kami takbiran saja. Pokoknya senang dan lega banget hati ini,” ucapnya.

Sementara itu menurut Priyo Prabowo Wakil RT 01 RW 12 Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, takbir diperbolehkan. Asal mengikuti prosedur jaga jarak, masker dan tidak keliling bergerombol banyak. Karena aturan PSBB memperbolehkan sesuai aturan untuk kebaikan bersama ditengah pandemik virus covid 19 ini.

“Anak-anak RT 01 RW 12 ini sangat antusias meski takbir di rumah. Biarkan umat muslim menyambut kemrnangan dengan cara baru yang menjadi sejarah dari tahun-tahun sebelumnya. Yang penting sesuai prosedur keamanan, keselamatan dan pencegahan penularan virus saja,” tandasnya. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar