Peristiwa

Hari Ini Abu Bakar Baasyir Bebas dari Lapas Gunung Sindur

Ustad Abu Bakar Baasyir [Foto/suara.com]

Bogor (beritajatim.com) – Terpidana kasus terorisme Ustad Abu Bakar Baasyir dijadwalkan bebas dari Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1/2020). Setelah bebas, Ustad yang masa kecilnya di Jombang Jawa Timur ini bakal menjalani program deradikalisasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelumnya, Juru bicara BNPT Eddy Hartono mengatakan program deradikalisasi tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah nomor 77 Tahun 2019. Deradikalisasi tersebut dilakukan kepada pihak yang terpapar paham radikal.

“Deradikalisasi ini dilaksanakan kepada tersangka, terdakwa, terpidana, narapidana, mantan narapidana, dan orang atau kelompok yang sudah terpapar paham radikal terorisme,” kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2021).

Eddy menuturkan bahwa BNPT telah berkomunikasi dengan Baasyir maupun pihak keluarganya. Selain itu BNPT juga bakal bekerja sama dengan stakeholder terkait demi kelancaran jalannya program deradikalisasi seperti lembaga pemasyarakatan (Lapas), Polri, dan Departemen Agama.

“Sehingga, program deradikalisasi ini yaitu memberikan wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, dan bahkan kewirausahaan yang dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Dengan adanya program deradikalisasi tersebut, pihak BNPT berharap Baasyir dapat memberikan dakwah yang penuh kedamaian serta kesejukan. [suara.com]



Apa Reaksi Anda?

Komentar