Peristiwa

Hari ini, 616 Pekerja Migran Tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya

Kadisnakertrans Provinsi Jatim, Dr Himawan Estu Bagijo

Surabaya (beritajatim.com) – Pada Kamis (6/5/2021), ada 616 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Sebanyak 616 PMI tersebut terbagi menjadi 4 kloter, yaitu Kloter 1, Tiger Air TR 262 (A320) SIN-SUB, Landing: pukul 09.35, berjumlah 91 orang, Kloter 2 Air Asia, QZ321 (A320) Kul-Sub Landing pukul 11.30, berjumlah 180 pax, Kloter 3 Jetstar Asia 3K 247 (A320) SIN-SUB ETA, Landing: pukul 12.55, berjumlah 165 orang dan Kloter 4 AIR ASIA QZ325 (A320) Kul-Sub Landing: pukul 17.30, berjumlah 180 orang. Jumlah Total Plan Arrival Pax: 616 orang.

Hal ini dikatakan Kadisnakertrans Jatim, Dr Himawan Estu Bagijo di ruang kerjanya, Kamis (6/5/2021). Koordinasi Pemulangan PMI pasca karantina dilakukan bekerjasama dengan pemerintahan kabupaten/kota se-Jatim. Khusus untuk non Jatim dilakukan koordinasi dengan Kadisnaker Provinsi asal PMI, data by name by address disampaikan ke Kadisnaker Provinsi asal PMI.

Perjalanan menuju provinsi lain, dilakukan dua cara, yaitu Tenaga Kerja (Naker) Provinsi Jatim memfasilitasi rujukan travel/pilihan transportasi secara mandiri atau membantu pengantaran ke terminal dan bandara, dan naker provinsi luar Jatim memfasilitasi.

Kewajiban naker provinsi luar Jatim baik PMI yang pulang mandiri dan difasilitasi tetap berkewajiban melapor ke Desa Domisili, dan tetap dipantau melalui Disnaker dan Dinkes setempat yang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.

Para PMI di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (6/5/2021).

Tugas tim naker di satgas pemulangan PMI lainnya adalah melakukan evaluasi terhadap masalah ketenagakerjaan, dilakukan dengan memilah status kepulangan PMI. Habis kontrak, cuti dan akan kembali.

Sementara itu, Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Budi Raharjo mengatakan, bagi PMI yang habis kontrak diberikan kesempatan untuk pelatihan/ vokasi usaha produktif baik melalui Dinas koperasi UMKM maupun BLK di lingkungan Disnakertrans.

Lebih lanjut Budi Raharjo mengatakan, tim UPT P2TK Disnakertrans Jatim tadi malam telah membantu memberangkatkan Minibus 15 orang PMI Jateng yang pulang secara mandiri, dan Bus dengan 44 orang yang difasilitasi Disnaker Provinsi Jateng serta pengantaran 2 jenazah ke Sampang, PMI dari Malaysia. [tok/*]



Apa Reaksi Anda?

Komentar