Peristiwa

Hari Ini, 3 Kasus Kebakaran dan Pohon Tumbang di Mojokerto

Kebakaran lahan pabrik di Kecamatan Trowulan. Foto: misti/beritajatim

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mencatat, setidaknya ada dua kasus kebakaran dan pohon tumbang di wilayah Kabupaten Mojokerto. Yakni kebakaran lahan pabrik di Kecamatan Trowulan, rumah di Kecamatan Gedeg dan belakang rest area 725 A Tol Mojokerto-Surabaya (Sumo).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, kebakaran pertama yakni kebakaran lahan di Dusun Temboro, Desa Domas, Kecamatan Trowulan. “Yang terbakar lahan pabrik UD Wahyu dan Primer Koperasi Tunggal Jaya,” ungkapnya, Minggu (29/9/2019).

Kebakaran terjadi sekira pukul 10.30 WIB. Ada tiga unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi kebakaran, dua unit mobil milik PMK BPBD Kabupaten Mojokerto dan satu unit mobil PMK milik Kota Mojokerto. Lahan yang terbakar sekitar 750 m² dengan material yang terbakar drum bekas dan kertas.

“Sekira Pukul 12.45 WIB api berhasil dipadamkan, namun untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Dan sekira pukul 12.00 WIB, sebuah rumah di Dusun Ngudikidul, Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg juga terbakar,” ujarnya.

Masih kata Zaini, penyebab kebakaran di rumah milik Sudarmaji tersebut diduga dari percikan api las. Tiga unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api yang membakar rumah dengan luas 14×60 m² tersebut. Sekira pukul 13.30 WIB, api berhasil dipadamkan.

Untuk kerugian diperkirakan Rp300 juta. Sementara untuk pohon tumbang, terjadi Desa Kupang, Kecamatan Jetis atau tepat di Petak 83, RPH Kupang , BKPH Kemlagi. Sebuah pohon jenis Sono dengan diameter 15-20 cm tumbang setelah angin kencang dengan kecepatan 30 km/jam,” jelasnya.

“Sementara, kebakaran juga terjadi di belakang rest area 725 A Tol Sumo. Petugas PMK masih berada di lokasi untuk memadamkan api, belum diketahui baik penyebab dan kerugian akibat kebakaran tersebut,” tegasnya.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar