Peristiwa

Hari Hiu Paus Internasional, Bangkai Hiu Tutul 9 Meter Dibuat Swafoto Warga Jember

Foto: istimewa

Jember (beritajatim.com) – Seekor hiu tutul terdampar dan mati di pantai selatan, Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (30/8/2020). Bangkainya dijadikan objek swafoto oleh warga, bertepatan dengan Hari Hiu Paus Internasional.

Panjang hiu tutul itu sembilan meter dan lebar hampir dua meter. Beratnya diperkirakan dua ton. Kepala Resor Konservasi Wilayah 16 Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jember Budi Harsono mengatakan, pukul satu dini hari ada laporan dari nelayan tentang keberadaan hiu tersebut. “Kami mengevakuasi belum selesai,” katanya, Minggu malam.

Hiu tutul terdampar ke daratan diperkirakan karena adanya perubahan suhu laut. Hiu tersebut mencari mangsa hingga ke tepi laut. “Kembali ke laut tidak bisa,” kata Budi.

Evakuasi hiu ini sulit. Faktor pertama adalah berat hiu tersebut. “Kedua, untuk menariknya harus bersamaan dengan ombak,” kata Budi. Dibutuhkan kuburan sedalam hampir tiga meter untuk bangkai hiu tersebut. Pembuatan kubur tersebut dibantu warga. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar