Peristiwa

Hanya Satu Kapal Layani Penyeberangan Kalianget – Talango, Antrian Kendaraan Mengular

Sumenep (beritajatim.com) – Terjadi antrian panjang kendaraan yang akan menyeberang dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Talango, Sumenep, Minggu (24/11/2019).

Antrian panjang kendaraan terjadi terutama untuk kendaraan roda empat. Untuk sisi Kalianget, antrian terjadi hingga di depan kantor Polsek Kalianget atau hampir 1 kilometer. Demikian juga yang di sisi Pulau Talango. Antrian kendaraan mengular.

“Saya sudah antri disini sejak jam 9 pagi. Mau pulang ke Talango setelah ada acara di Sumenep pagi tadi. Ternyata antrinya panjang. Sudah hampir Dhuhur, masih juga belum masuk kapal,” kata salah satu warga Kecamatan Talango, Faisal.

Antrian panjang kendaraan tersebut disebabkan hanya ada satu kapal penyeberangan yang beroperasi. Biasanya ada dua kapal tongkang yang melayani penyeberangan Sumenep – Talango PP,  yakni KM Safaras Jaya dan KM Serbaguna.

“Sejak kemarin yang beroperasi cuma KM Safaras Jaya. Yg KM Serbaguna katanya rusak dan masih dalam perbaikan,” ujar Faisal.

Kecamatan Talango, Pulau Poteran merupakan salah satu kecamatan kepulauan dari 9 kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep. Kecamatan Talango merupakan kecamatan kepulauan terdekat. Hanya dibutuhkan waktu 15- 20 menit untuk menyeberang ke pulau tersebut.

Selain kapal tongkang, untuk menyeberang ke Pulau Talango juga bisa dilakukan menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat. Namun perahu itu hanya bisa membawa orang, sepeda motor, dan sepeda pancal. Sehingga bagi penyeberang yang membawa kendaraan roda empat, maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan kapal tongkang.

“Masyarakat lebih suka menggunakan kapal tongkang ketimbang perahu. Karena perahunya kan perahu kecil. Kecuali kalau terburu-buru dan tidak sabar antri, baru orang naik perahu,” ungkap Faisal.

Ongkos menyeberang ke Pulau Talango cukup murah. Hanya Rp 4.000 untuk sepeda motor dan pengemudinya. Sedangkan untuk mobil dan sopir Rp 15.000.

“Kalau untuk perahu, ongkosnya lebih mahal. Rp 5.000 untuk orang dan sepeda motor. Meski perahunya kecil  tetapi sekali angkut bisa 4 sepeda motor sekaligus. Bahkan kadang lebih. Yang tidak terbiasa naik perahu biasanya memang takut dan memilih menunggu kapal tongkang,” ucap.Faisal. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar