Peristiwa

Hama Tikus Serang Tanaman Padi dan Jagung

Hama tikus bisa menyerang semua jenis tanaman, salah satunya tanaman jagung. [Foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perkebunan (DPKPP) Ponorogo mendapatkan laporan adanya hama tikus yang menyerang lahan pertanian di bumi reyog. Data DPKPP Ponorogo menyebut hama tikus menyerang lahan tanaman padi di Desa Bancangan Kecamatan Sambit dan tanaman jagung di Desa Jimbe, Kecamatan Jenangan.

“Laporannya sementara menyerang padi di Desa Bancangan dan tanaman jagung di Desa Jimbe,” kata Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) DPKPP Suwarni, Kamis (23/1/2020).

Suwarni mengungkapkan, sebenarnya tikus menyerang semua jenis tanaman, bukan hanya padi dan jagung. Juga bisa menyerang ubi, sampai kacang tanah. Dia menyebut bahwa hama tikus ini unik, karena bisa menyerang di berbagai fase pertumbuhan tanaman.

Untuk menanggulanginya perlu kerjasama dan berkesinambungan antar petani. Selain itu, salah satu alternatifnya dengan membangun rumah burung hantu (rubuha). Predator alami tikus itu perlu diberdayakan untuk melindungi lahan pertanian.

“Populasi burung hantu di Ponorogo masih banyak. Rubuha ini bisa menjadi salah satu solusi selain gerakan gropyokan sarang tikus secara bersama-sama,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar