Peristiwa

Hadapi Bencana, Ini yang Dilakukan Pemkab Magetan

Bupati Suprawoto saat meninjau persiapan menghadapi bencana alam di alun-alun Magetan, Senin (16/11/2020)

Magetan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan melaksanakan apel gelar pasukan persiapan penanggulangan bencana alam. Apel yang dipimpin Bupati Magetan Suprawoto ini dilangsungkan di halaman Pemkab setempat, Senin (16/11/2020).

Apel dilakukan guna mengecek kesiapan alat dan personil dalam menghadapi bencana alam. Karena saat ini musim penghujan dengan intesitas tinggi tengah berlangsung. Kemudian ada beberapa titik di Kabupaten Magetan yang rawan bencana, terutama banjir dan longsor.

Suprawoto mengatakan, apel ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan penanggulangan bencana, sebab bencana di Indonesia terutama Magetan sebenarnya bisa diprediksi. Kesiapan apel ini diharapkan bisa saling berkoordinasi ketika menghadapi bencana sesungguhnya, sehingga tidak tergagap-gagap.

“Tanpa apel pun sebenarnya siap. Namun engan apel ini lebih siap lagi, karena jika kita bersama-sama mungkin lebih kuat lagi. Kekuatan yang mendukung kita semakin banyak, kita semakin percaya diri,” tegasnya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, BPBD berbasis masyarakat di lapisan terbawah, yaitu desa. Pihaknya juga sudah membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana). Masing-masing Destana diberikan pelatihan dan edukasi terkait tindakan preventif dan mitigasi bencana.

“Mereka sudah mampu dan siap untuk menghadapi bencana, baik Kartar (Karang Taruna) maupun warga. Karena jarak tempuh posko BPBD dan desa yang terkena dampak bencana memerlukan waktu 30 menit,” tutupnya. [asg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar