Peristiwa

H+2 Idul Fitri 1422H, Ratusan Kendaraan Putar Balik Di Pos Penyekatan Cemoro Sewu Magetan

Suasana pos penyekatan Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan, Sabtu (15/5/2021).(Foto/Ade Mas Satrio).

Magetan (beritajatim.com) – H+2 Lebaran Idul Fitri 1442H, ratusan kendaraan putar balik di jalur penyekatan perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur tepatnya di Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan.

“Ratusan kendaraan pengunjung kita putar balikan, karena di wilayah kita juga memberlakukan aglomerasi yaitu semua kegiatan ada di lingkup kita, jadi tidak boleh berinteraksi antara Jatim dan Jateng,” kata Wakapolres Ngawi Kompol Suhono di lokasi, (15/5/2021).

Dia mengatakan, pengecekan di tapal batas ini melalui sop ketat. Petugas mengecek syarat untuk melintasi pos penyekatan. Seperti Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM), surat keterangan bebas Covid-19, hingga surat ijin perjalanan dinas bagi TNI, Polri dan ASN.

“Kita lihat kalau memang dia pemudik dia memaksakan kita cek dulu surat-suratnya. Kalau memaksa dan sifatnya emergency kita swab antigen ditempat,” jelasnya.

Kompol Suhono menambahkan, nantinya kalau ada pemudik yang reaktif akan langsung di karantina di tempat yang yang telah disediakan Pemkab Magetan. “Sudah ada 27 yang di swab antigen hari ini, alhamdulillah tidak ada yang reaktif,” ucapnya.

Sedangkan untuk lalu lintas sembako diberikan perhatian khusus dan prioritaskan, karena berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat. “Tetapi harus membawa swab antigen berlaku satu hari, jadi mobilitas untuk sembako kita perlancar,” paparnya.

Menurut data yang dihimpun Satlantas Polres Magetan, sejak mulai operasi ketupat semeru 2021 hingga hari ini total ada 2251 kendaraan R2 maupun R4 yang putar balikan petugas. “Operasi ketupat semeru 2021 akan berakhir pada tanggal 17 mei mendatang, namun jika ada perintah perpanjang akan kita perpanjang,” tandasnya.(asg/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar