Peristiwa

Pemudik Dihimbau Jangan Ngebut

H-2 Lebaran, Jalur Pantura Tuban Sepi

Tuban (beritajatim.com) – Kondisi arus lalu lintas pemudik di jalur Pantura Tuban hingga H-2 Hari Raya Idul Fitri 1440 H relatif sepi dari pada tahun-tahun sebelumnya, Senin (3/6/2019).

Sepinya arus lalu lintas di Jalur Pantura Tuban baik yang akan menuju Surabaya maupun yang mengarah ke Jawa Tengah bisa menimbulkan rawan terjadinya kecelakaan yang fatal. Sehingga para pemudik diimbau tetap berhati-hati dan tidak ngebut saat berkendara meski jalanan sepi.

Data yang dihimpun beritajatim.com, puncak kendaraan arus mudik yang melintas di Jalur Pantura Tuban sudah terjadi pada hari Sabtu kemarin. Karena jumlah arus mobil pribadi yang melintas pada hari tersebut mencapai ratusan kendaraan dalam satu jamnya.

“Hari ini sudah relatif sepi. Mungkin puncaknya pada hari Sabtu minggu kemarin, yang mana berdasarkan hitungan setiap jam ada sekitar 300 kendaraan melintas,” terang Kasat Lantas Polres Tuban AKP Ricky Tri Dharma.

Kasat Lantas menjelaskan, sepinya arus lalu lintas di Jalur Pantura Tuban dikarenakan pemudik lebih memilih untuk lewat jalur tengah. Sehingga hanya sebagian kecil pemudik yang menggunakan jalur Pantura Tuban untuk menuju Jawa Tengah maupun sebaliknya.

“Kendaraan pribadi pemudik cenderung lebih memilih jalan tol trans jawa, jalur tengah. Jadi untuk jalur Pantura Tuban yang tadinya normal, pada saat ini menjadi lebih sepi,” tambah Kasat Lantas saat berada di pelayanan mudik 2019 Polres Tuban.

Dengan sepinya  lalu lintas di jalur Pantura Tuban diharapkan para pengendara mobil lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. Pasalnya, dengan kondisi jalan yang sepi cenderung membuat pengemudi akan berjalan dengan kecepatan tinggi.

“Jadi kami mengimbau bagi pemudik yang akan melintas di Tuban untuk tidak ngebut dan selalu hati-hati serta beristirahat jika ngantuk dan lelah. Karena jika berjalan ngebut, tingkat fatalitas sangat tinggi jika terjadi kecelakaan,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar