Peristiwa

Guyuran Abu Gunung Semeru ke 3 Kecamatan di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Gunung Semeru meluncurkan awan panas disertai guguran lava pijar, Selasa (1/12/2020) dini hari. Peningkatan aktivitas Semeru sudah berlangsung selama beberapa hari belakangan.

Meningkatnya aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Malang, ikut waspada. Ada tiga wilayah yang menjadi fokus pemantauan.

Ketiga wilayah tersebut di antaranya Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo dan Wajak.

Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono menyampaikan, peningkatan aktivitas Semeru hanya membawa material abu vulkanik ke wilayahnya. Tidak lebih dari itu.

“Kabupaten Malang hanya abu saja. Ampelgading, Tirtoyudo, Wajak, memungkinkan ke situ. Dini hari terdampak guyuran hujan abu,” kata pria yang akrab disapa Walet, Selasa (1/12/2020).

Walet menegaskan, meskipun hanya membawa material abu vulkanik, BPBD menyiapkan sejumlah posko. “Masih biasa-biasa saja seperti biasa. Kita sudah siapkan posko. Kalau anginnya tidak ke arah barat ya tidak apa-apa,” terangnya.

Walet menyebut, upaya yang dilakukan BPBD saat ini masih sebatas patroli di wilayah yang memungkinkan terdampak erupsi Semeru. Patroli dilakukan bersama jajaran samping.

“Kita patroli, karena statusnya masih waspada jadi kita ya memantau. Pemantauan di perketat. Ada sekitar 25 personil gabungan. Dari PMI, Sibat, Potensi dan lain-lain itu,” Walet mengakhiri. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar