Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Gus Ipul Berikan Bimbingan Manasik 125 CJH Kota Pasuruan : Mudah-mudahan Perjalanan Lancar

Gus Ipul membuka bimbingan manasik ke 125 CJH di Kota Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, membuka bimbingan manasik yang diikuti 125 Calon Jemaah Haji (CJH) 1443 H/2022 M, Rabu (25/5/2022). Dia mengucap syukur atas dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah haji dan berharap perjalanan para jemaah menuju Tanah Suci lancar.

“Tentu ini kita harus syukuri, mudah-mudahan perjalanan para jamaah lancar, dan bisa jadi haji mabrur. Para calon jamaah haji juga dapat mendoakan Indonesia, Jawa Timur, khususnya Kota Pasuruan agar bisa menjadi daerah yang sejahtera, aman dan nyaman untuk warganya,” jelas Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan tahun ini Pemerintah berdasarkan keputusan otoritas Arab Saudi menetapkan syarat jemaah boleh haji dengan usia maksimal 65 tahun. Dia juga kembali mengingatkan para jemaah untuk tetap disiplin protokol kesehatan, menjaga kesehatan jasmani dan rohani, serta melakukan persiapan yang cukup.

“Karena kondisi cuaca di sana akan relatif panas, untuk itu usia dibatasi. Terpenting saya berpesan kepada para jamaah untuk menjaga kesehatan, tetap mematuhi protocol kesehatan walaupun disana agak longgar namun kita tetap harus melakukan persiapan yang cukup terutama fisik sehat, sudah vaksin, dan PCR,” lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan, Abdurrahman, mengatakan kegiatan manasik mempunyai lima tujuan. Pertama, untuk meningkatkan kemampuan manasik jemaah haji.

Kedua, memberikan pemahaman dan ketentuan manasik haji agar dalam berjalan tertib, nyaman, dan aman sesuai ketentuan agama. Ketiga, memberikan informasi sedini mungkin tentang ibadah haji sesuai ketentuan yang berlaku.

Sedangkan tujuan keempat, dapat memberikan deskripsi terkait suasana, adat istiadat sehingga para jemaah mampu beradaptasi. Sedangkan kelima, memberi target manasik haji.

“Bimbingan manasik haji massal ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 26 mei 2022. Akan diadakan juga ditingkat Kecamatan mulai tanggal 30 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022,” tandasnya. (ada/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar