Peristiwa

Guru Besar UB Malang Duga Dentuman Aneh Berasal dari Aktivitas Manusia

Suasana di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Suara dentuman yang terdengar di wilayah Malang pada pukul 00.00 WIB, Rabu (3/2/2021), sampai saat ini masih misterius. Otoritas setempat belum bisa menemukan asal muasal dentuman ini.

Guru Besar Geofisika Universitas Brawijaya Malang, Profesor Adi Susilo menduga dentuman berasal dari aktivitas manusia. Apalagi berdasarkan rekaman seismograf Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Malang tidak tercatat anomali atau gejala alam seperti gempa.

“Sangat memungkinkan ini karena aktivitas manusia. Tapi kita masih belum tahu pasti aktivitas apakah itu. Artinya dentuman ini bukan bersumber dari bawah permukaan. Jadi bukan karena gempa ataupun gunung. Karena tidak tercatat seismograf,” ujar Adi.

Adi telah melakukan koordinasi dengan Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Malang tentang kemungkinan gempa akibat dentuman misterius ini. Setelah tidak terekam seismograf. Dugaan beralih ke permukaan tanah. Namun, tidak ada laporan kilat ataupun laporan hujan deras.

“Lalu itu sepertinya sudah di cek, apa dari kilat, ternyata semalam itu cuaca lumayan cerah lah tidak deras, gerimis saja. Berarti kemungkinan sumber yang dari permukaan namun belum diketahui dentuman itu darimana penyebabnya,” kata Adi.

Adi mengatakan, suara dentuman terdengar kencang di malam hari karena saat itu semua orang sedang beristirahat. Dia memberi contoh pemasangan paku bumi untuk pembangunan gedung berlantai pun biasanya tercatat seismograf karena gelombangnya dirasakan di dalam tanah. Tapi kali ini tidak ada rekaman yang dicatat oleh seismograf.

“Malam itu kan mungkin sedang sepi jadi orang merasakan. Seandainya orang pembangunan itu mestinya kalau masukkan paku bumi itu biasanya juga menimbulkan gelombang seismograf. Tetapi pada saat itu juga tidak terekam. Nah itu yang masih belum diketahui,” papar Adi.

Adi mengatakan, kemungkinan dentuman itu terjadi di udara. Sebab, sebuah ledakan yang terjadi di udara tidak terekam seismograf karena aktivitasnya tidak di dalam bumi. Sehingga sumber dentuman itu tidak terlacak oleh seismograf. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar