Peristiwa

Gunung Welirang Terbakar, Pendakian Puncak Puthuk Siwur Ditutup

Mojokerto (beritajatim.com) – Akibat kebakaran lereng Gunung Welirang di Blok Jurang Dengkek kawasan Tahura R Soerjo Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, pendakian di puncak Puthuk Siwur ditutup.

Puncak Puthuk Siwur merupakan jalur alternatif lain menuju Gunung Pundak via Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Desa Celaket berada di sisi barat Kecamatan Trawas. Puncak P uthuk Siwur berada di ketinggian 1.429 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, M Zaini mengatakan, pendakian puncak Puthuk Siwur hasil kordinasi dengan KPH Perhutani untuk sementara ditutup. “Ada pengumuman berupa papan peringatan bagi pendaki,” ungkapnya, Rabu (31/7/2019).

Untuk mengantisipasi tidak meluasnya kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Welirang, Zaini menghimbau agar tidak membakar apapun di lokasi pendakian. Jangan membuang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu titik api baru.

“Apabila ada kegiatan api unggun, pastikan bila ditinggal api betul-betul sudah padam. Namun saat ini, jalur pendakian ke puncak Puthuk Siwur ditutup sementara, sesuai hasil koordinasi dengan KPH Perhutani,” ujarnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar