Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Gunung Raung Meletus, Begini Imbauan Kades Sumberarum Banyuwangi Kepada Warganya

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kades Sumberarum, Kecamatan Songgon, Ali Nurfatoni mengimbau warganya agar tetap tenang dan tidak panik. Hal itu ditekankan olehnya usai mendengar adanya informasi mengenai aktivitas Gunung Raung yang mengalami erupsi pada Rabu (27/7/2022) petang.

Bahkan, pihaknya telah mendatangi Pos Pengamatan PVMBG Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, guna memastikan perkembangannya. Menurutnya, hingga saat ini tidak ada peningkatan aktivitas berarti yang membahayakan warganya.

“Jangan melakukan pendakian, dan jangan mendekati gunung maupun bibir kawah radius yang telah direkomendasikan Pos Pengamatan di sini,” katanya.


Meski demikian, langkah antisipatif terus dilakukan pihak pemerintah desa bersama pihak kepolisian, TNI maupun masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Koordinasi lintas sektor juga terus dibangun mengantisipasi dampak yang timbul pasca erupsi tersebut.

“Intinya jangan panik, tetap beraktivitas seperti biasa menunggu rekomendasi dan perkembangan lebih lanjut dari Pos PVMBG,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember terjadi erupsi pada Pukul 17.19 WIB. Ketinggian kolom abu teramati kurang lebih mencapai 1.500 Meter di atas puncak kurang lebih 4.832 Meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi selama 9 menit.

Saat ini Gunung Raung berada pada Status Level I atau Normal. (rin/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev