Peristiwa

Gudang Rosokan di Mojokerto Terbakar, Petugas dan 3 Warga Nyaris Pingsan

Petugas PMK yang nyaris pingsan. Foto : misti/beritajatim

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah gudang rosokan (barang bekas, red) di Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Senin (16/9/2019) petang terbakar. Satu orang petugas dan tiga warga nyaris pingsan saat berusaha memadamkan api.

Kebakaran terjadi sekira pukul 17.30 WIB diduga berasal dari pembakaran sampah yang ada di belakang gudang rosokan. Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi kebakaran. Akibatnya jalur alternatif Mojokerto-Gresik tersebut macet.

Para pengedara terpaksa berputar arah karena Jalan Raya Perning ditutup saat proses pemadaman berlangsung. Sejumlah petugas kepolisian dari Polsek Jetis tampak berjaga dan mengarahkan para pengedara agar berputar arah karena proses pemadaman masih berlangsung.

Petugas PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto yang datang ke lokasi langsung berjibaku untuk memadamkan api. Karena rosokan mayoritas dari plastik tersebut mudah terbakar sehingga menyebabkan api dengan cepat membesar.

Tak hanya api yang membesar dan membakar isi gudang rosokan, akibat kebakaran tersebut menyebabkan bau yang membuat sesak nafas. Akibatnya satu petugas PMK nyaris pingsan dan harus mendapatkan perawatan di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto.

Tak hanya petugas yang nyaris pingsan dan harus mendapatkan perawatan, dua warga yang turut membantu memadamkan api juga harus menjalani perawatan karena sesak nafas. Satu anak dari tetangga gudang rosokan juga harus menjalani perawatan karena mengalami sesak nafas.

“Tolong minggir, biar ditanggapi petugas. Biar dapat udara, percaya saja sama petugas. Sudah ada petugas yang merawat,” ungkap salah satu anggota PMI Kabupaten Mojokerto saat ada warga yang mengaku sebagai orang tua salah satu warga yang nyaris pingsan.

Hingga kini, petugas PMK masih melakukan pemadaman di lokasi kejadian. Sementara lalu lintas di jalur penghubung Mojokerto-Gresik masih macet karena warga yang melihat petugas memadamkan api yang membakar gudang rosokan tersebut.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar