Peristiwa

Gudang Pabrik Plastik di Mojokerto Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 20 milyar

 Kebakaran di pabrik plastik di Jalan Raya Mojosari-Trawas KM 25 Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Kebakaran di gudang pabrik plastik CV Surya Santoso Sejati Jalan Raya Trawas-Mojosari, Dusun Seruni, Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto diduga dari percikan tabung las pembuatan rak besi tempat bahan jadi.

Kapolsek Pungging, AKP Suwiji mengatakan, salah satu pekerja las lupa menutup ketika selesai digunakan. “Pada saat terjadi kebakaran karryawan sedang istirahat makan siang. Akibatnya percikan tabung las pembuatan besi tempat bahan jadi tersebut membakar gudang,” ungkapnya, Jumat (4/10/2019).

Masih kata Kapolsek, kebakaran terjadi sekira pukul 12.20 WIB. Api pertama kali diketahui oleh salah satu karyawan bagian packing sekira pukul 12.45 WIB dari gudang penyimpanan bahan jadi ember atau timba dan kursi yang bahan bakunya terbuat dari plastik dan karton.

“Saksi kemudian melaporkan ke pos keamanan pabrik dan pihak keamanan pabrik kemudian menghubungi petugas PMK. Sekira pukul 13.00 WIB, 2 unit mobil tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Namun karena cuaca cukup panas di sertai angin, api cepat menjalar membakar seisi gudang,” jelasnya.

Gudang tersebut berisi alat-alat rumah tangga yang bahan bakunya terbuat dari plastik mudah terbakar. Kapolsek menjelaskan, sebanyak 13 unit mobil PMK baik dari Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto maupun Kabupaten Pasuruan diterjunkan ke lokasi. Akibat kebakaran tersebut, gudang packing berisi barang jadi ludes terbakar.

“Tak hanya itu, tiga truk tangki gandeng dengan kapasitas muatan 16 ribu liter yang di parkir di sebelah pagar gudang pabrik ikut terbakar. Pabrik tersebut merupakan produksi alat-alat perabotan rumah tangga dari bahan baku dari plastik. Kerugian diperkirakan mencapai Rp20¬†milyar,” tegasnya.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar