Peristiwa

Gudang di Petemon Surabaya Terbakar

Surabaya (beritajatim.com) – Gudang perakitan pengeras suara (sound system) tiga lantai terbakar di Jalan Petemon Gg 5  Kelurahan Petemon, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Selasa (18/5/2021) dini hari tadi.  Gudang yabg terbakar merupakan lantai dua dan tiga yang luasnya mencapi 200 meter persegi.

Menurut keterangan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.44 WIB.

Petugas yang menerima laporan langsung mengirimkan 21 unit kendaraan tempur dari 12 unit tugas.

“Benar kejadian dini hari dan kita kerahkan 21 unit mobil. Pemadaman kita lakukan dengan pengepungan dan ada beberapa kendala saat pemadaman. Sehingga memerlukan waktu cukup panjang untuk memadamkan api hingga pembasahan,” jelas Bambang Vistadi, Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Selasa (18/5/2021).

Meski terkendala, lanjut Bambang, Tim Rescue berhasil mengevakuasi atau membawa keluar 4 orang. Keempatnya merupakan keluarga dari pemilik pabrik.

Usai mengevakuasi, bangunan berbentuk leter L Ini terdapat benda mudah terbakar. Bahkan ada minyak atau lem yang memicu api cepat membesar. “Kendalanya itu ada benda mudah terbakar tumpukan kardus, tumpukan plastik, tumpukan berbahan plastik, tumpukan stiker dan berbahan minyak. Sehingga api cepat membesar,” paparnya.

Menurut catatan petugas, api padam usai 21 unit terjun memadamkan api selama kurang lebih dua jam setengah. Bahkan dua unit mobil tangki milik Dinas Pertamanan juga diterjunkan guna menyuplai air mobil pemadam.

Meski tak ada korban jiwa, kebakaran hebat ini diprediksi membuat kerugian hingga miliaran rupiah. Sedangkan dugaan api sendiri diperkirakan karena dipicu adanya hubungan arus pendek. Bahkan, guna mengantisipasi adanya kebakaran susulan, petugas menyiagakan dua unit mobil damkar di lokasi kejadian.

“Pembasahan selesai sekitar jam 5 subuh. Korban nihil dan kerugian besar. Dugaan sementara kebakaran karena hubungan arus pendek,” pungkasnya.(man/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar