Peristiwa

Gubernur Jatim Tanam Rumput Vetiver untuk Cegah Longsor

Lumajang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan penanaman rumput vetiver di lahan pertanian warga suku Tengger di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Lumajang, Sabtu (15/2/2020). Pasalnya, dimusim penghujan rawan terjadi longsor lokal di perbukitan.

“Vetiver ini diharapkan mencegah tanah longsor di lahan pertanian warga,” kata Khofifah pada wartawan.

Masih kata dia, Pemprov Jatim memiliki ribuan tanaman vetiver sebagai penahan longsor. Sehingga akan dilakukan penanaman serempak di kawasan rawan longsor di Jatim. “Nanti akan dibagi ke kabupaten se-Jatim untuk ditanam di kawasan rawan bencana longsor,” paparnya.

Penananman rumpur vetiver di Ranu Pani, dikarenakan pada tanah di pertanian sering longsor. Akibatnya, kawasan Ranupani mengalami pedangkalan karena tanah pertanian terbawa air hujan.

Pandam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja menambahkan, program ini dilaksanakan oleh pihaknya dengan mengandeng Pemprov bagian dari kesiapan tanggap bencana. Sehingga perlu inovasi dengan belajar pada alam untuk menemukan solusi. “Penanaman di Ranu Pani, kami bekerjasama dengan kelompok tani,” paparnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap terus ada dukungan dari Pemprov Jatim dalam antisipasi bencana tanah longsor di Ranu Pani. Pasalnya, warga Ranu Pani berkerja sebagai petani kentang dan bawang. “Ini solusi atasi sedimentasi Ranu Pani,” pungkasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar