Peristiwa

Gubernur Jatim: Jalan Sultan Agung Jember Ditutup Sementara

Jember (beritajatim.com) – Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi ambrolnya Jalan Raya Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (3/3/2020) dini hari.

Saat diwawancarai wartawan, Khofifah mengatakan, satu bulan lalu sempat ada pembahasan soal ini. Ada titik-titik jalan yang berisiko tinggi yang belakangan ambrol dan membuat delapan dari 31 rumah toko di Jompo Shopping Center roboh kemarin.

Khofifah menegaskan harus ada percepatan pembongkaran ruko yang tersisa. Ruko-ruko itu di sempadan Sungai Jompo. “Jalan Sultan Agung akan ditutup sementara sampai proses pembongkaran selesai,” katanya.

Khofifah sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ia ingin pembenahan Jalan Raya Sultan Agung dilakukan secara integratif karena kewenangan berbeda. “Jalannya jalan nasional, sungai kewenangan Pemprov, dan bangunannya kewenangan Pemkab,” katanya.

“Memang ini harus dibongkar karena memang sudah tampak sekali ada pengeroposan di bawah (jembatan yang dilewati aliran Sungai Jompo) dan menjadikannya tidak secure,” kata Khofifah.

Soal status bencana, Khofifah mengatakan, itu sesuai dengan undang-undang. “Setiap ada bencana, ada tanggap darurat. Itu aturannya sampai 14 hari. Kalau dibutuhkan tambahan, boleh ditambah,” katanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar