Peristiwa

Gubernur Jatim Bersama Bupati Pamekasan Datangi Lokasi Banjir

Pamekasan (beritajatim.com) – Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Pamekasan, Badrut Tamam meninjau salah satu titik banjir di Kelurahan Patemon, Kecamatan Pamekasan, Sabtu (19/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga disampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Jatim, Alwi Beiq bersama sejumlah jajaran dari pemerintah provinsi (permen) Jatim. Mereka menyisir lokasi banjir menumpangi perahu karet dengan pengawasan personil TNI-Polri dan BPBD Pamekasan.

Bahkan Bunda Khofifah bersama  rombongan, juga meninjau secara langsung titik banjir dengan menyeberangi jembatan penghubung yang tergenang banjir akibat intensitas hujan yang mengguyur wilayah Pamekasan dan sekitarnya, sejak Jum’at (18/12/2020) siang.

“Banjir ini merupakan sebuah musibah yang diakibatkan faktor alam, semoga para korban banjir selalu diberi ketabahan dan kesabaran menghadapi musibah ini,” kata Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam didampingi personil TNI, saat meninjau titik luapan air yang mengakibatkan banjir di Pamekasan, Jum’at (18/12/2020) malam.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Badrut Tamam, khususnya dalam mengantisipasi banjir di kabupaten Pamekasan. “Strategi jangka panjang untuk antisipasi banjir adalah segi mitigasi, sehingga kedepan Pak Bupati melakukan pengerukan sungai,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga sudah memerintahkan agar segera memperbaiki beberapa tanggul yang mulai rusak. “Sebagai langkah mitigasi yang komprehensif akan dilakukan pengerukan, apalagi sungai di Pamekasan sudah lama tidak dilakukan pengerukan,” jelasnya.

“Nanti PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) segera bertemu dengan bupati untuk membahas dan segara memperbaiki tanggul yang rusak, sekaligus melakukan langkah cepat dengan melakukan pengerukan sungai,” sambung Bunda Khofifah.

Sementara Bupati Badrut Tamam bersama Kepala BPBD, Camat Pamekasan, Tagana, Satpol-PP hingga jajaran personil TNI-Polri, terjun langsung sejumlah lokasi banjir sejak Jam’at malam. Mereka membantu mengevakuasi sebagian warga khususnya katagori lanjut usia dan anak-anak.

“Upaya pertama adalah mengevakuasi korban banjir dan persiapan dapur umum untuk masyarakat terdampak banjir, sekaligus mengantisipasi kesehatan korban terdampak banjir,” pungkasnya. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar