Peristiwa

Gresik Astronomi Club Lihat Gerhana Matahari dari Ujungpangkah

Gresik (beritajatim.com) – Gresik Astronomi Club (GAC), bersama mahasiswa Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik, melakukan pengamatan melihat gerhana matahari di halaman Masjid Mamba’us Solihin, Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Dengan menggunakan alat sederhana seperti teleskop, teropong dan kacamata antiradiasi, mereka mengajak masyarakat untuk melihat fenomena alam gerhana matahari.

Anggota Gresik Astronomi Club Nurizzah (27) mengatakan, dirinya sengaja menggelar pengamatan di pelosok desa karena ingin memberikan edukasi tentang gerhana matahari kepada masyarakat.

“Melakui edukasi ini masyarakat bisa mengetahui bagaimana bentuk gerhana matahari, serta cara yang aman melihat fenomena alam itu,” katanya, Kamis (26/12/2019).

Ia menjelaskan, gerhana matahari kali ini terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

“Hasil pengamatan ini nantinya akan dilaporkan ke Forum Komunikasi Astronomi Amatir Lintas Jawa Timur,” ungkapnya.

Salah satu warga Desa Bolo Ahmad Effendi (28) sangat mengapresiasi kegiatan pengamatan gerhana kali ini. Menurutnya, pengamatan gerhana yang dilakukan di desa bisa menjadi edukasi anak-anak dan masyarakat tentang fenomena gerhana matahari.

“Kami mendukung adanya pengamatan gerhana matahari ini. Sehingga, warga desa bisa melihat gerhana matahari dengan jelas sekaligus buat edukasi,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar