Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Graha Lansia, Pusat Perawatan Orang Tua Terlantar di Kabupaten Malang (1)

Malang (beritajatim.com) – “Pabila ku ingat dirimu. Di saat pertama, hidup sengsara. Makan sepiring, kita berdua. Tidur pun setikar bersama”.

Itulah sebait lirik lagu dangdut lawas yang keluar dari mulut Ani Sanjaya, mantan penyanyi dangdut yang kini harus menghuni Pusat Perawatan Lansia Terlantar di Graha Lansia Husnul Khotimah di Dusun Mbaran, Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Minggu (17/10/2021) siang.

Tidak diketahui siapa nama asli Ani Sanjaya. Dengan tubuh yang kurus, Ani hanya menjelaskan jika dirinya, lahir pada tahun 1952. Ani juga mengaku pernah nyanyi bareng dengan artis dangdut terkenal Mansyur S. Termasuk, bertemu dengan penyanyi-penyanyi beken di masanya macam Titik Sandhora dan pelantun lagu Sepiring Berdua, Ida Laila.

Ani menghuni Graha Lansia sejak bulan Juli 2021. Ketua Yayasan Graha Lansia Husnul Khotimah, Arif Camra, menjelaskan, sebelum di evakuasi ke Graha Lansia, ia mendapati kondisi ibu Ani Sanjaya dalam kondisi memprihatinkan.

“Kami menemukan ibu Ani Sanjaya di sebuah Shelter di kota Kediri. Saat itu, tubuhnya sangat kurus dan sakit. Kemudian kita mintakan surat resmi dari Dinsos dan kepolisian. Baru kemudian kita bawa ke Graha Lansia itu kita rawat. Alhamdulillah, kondisinya sehat seperti yang mas lihat sekarang,” ungkap Arif Camra.

Menurut Arif, dulunya Ani Sanjaya ini seorang penyanyi. “Dulu dia penyanyi, sering pentas dan ikut kontes. Malah juara dan dapat hadiah mesin jahit,” bebernya.

Selama ngobrol satu dari puluhan penghuni Graha Lansia, Ani Sanjaya menyanyikan dua lagu yang cukup populer di jamannya. Cengkok dangdut dan lirik yang Ani ucapkan, masih terlihat merdu. Selama tinggal di Graha Lansia Husnul Khotimah, Ani pernah mati suri.

“Bu Ani ini pernah kita sangka meninggal dunia. Karena sudah tiga jam tidak menghembuskan nafas. Ternyata mati suri, kita semua sudah siap-siap mau memakamkan, ternyata beliau masih hidup dan sehat sampai sekarang,” terang Arif. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar