Peristiwa

GPK Jombang Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Ketua GPK Jombang H Mujtahidur Ridho atau Gus Edo menunjukkan hasil tangkapannya

Jombang (beritajatim.com) – Gerakan Pemuda Kabah (GPK) Kabupaten Jombang bersama para petani di Desa Ngrandulor, Kecamatan Peterongan, melakukan gropyokan tikus di area persawahan setempat, Minggu (23/5/2021).

Gerakan tersebut bertujuan untuk antisipasi serangan hama tikus pada musim tanam rendeng. Karena jika serangan tikus merajalela, hasil produksi petani akan terjun bebas. Jika sudah demikian, maka petani sangat merugi.

“GPK Jombang bersama petani melakukan gropyokan tikus. Ini kami lakukan untuk mencegah seragam hama tersebut,” kata Ketua GPK Jombang H Mujtahidur Ridho atau Gus Edo, saat berada di sawah Desa Ngrandulor, Kecamatan Peterongan, Jombang.

Gus Edo menambahkan, gropyokan hama tikus juga sebagai bentuk kepedulian GPK dalam menjaga ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Jombang. “Karena program ketahanan pangan ini harus didukung semua pihak,” kata Gus Edo menegaskan.

Oleh karena itu, Gus Edo sudah memerintahkan semua kader GPK untuk membantu petani dalam penanggulangan hama tikus. “Memang sudah kami koordinasikan dengan semua kader GPK, baik yang di cabang maupun ranting untuk membantu petani dalam membasmi tikus,” ujarnya.

GPK Jombang saat gropyokan tikus di Desa Ngrandulor, Peterongan

Gus Edo yang turut gropyokan membantu petani bersama para kader GPK kembali menegaskan bahwa, program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan harus didukung oleh semua pihak. Pasalnya, sektor pangan merupakan kebutuhan primer.

“Pengurus GPK mulai tingkat ranting hingga cabang kita turunkan semua dalam program pembasmian hama tikus. Ini untuk meningkatkan hasil panen petani di Jombang. Jika hasil panen meningkat, maka petani semakin sejahtera,” pungkasnya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar