Peristiwa

Genbi dan Ipebi Distribusikan Air Bersih di Jember

Jember (beritajatim.com) – Generasi Baru Indonesia (Genbi) dan Ikatan Pegawai Bank Indonesia (Ipebi) mendistribusikan air bersih dan sembako di Desa Pelalangan, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (8/10/2020).

Ini kegiatan kedua setelah dua hari sebelumnya, Genbi membagikan sembako di Balai Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah. “Kami ingin membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka,” kata Dewan Ketua Genbi Jember Nabilah.

Dalam kegiatan distribusi air bersih ini, Genbi bekerjasama dengan Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) dan Unit Aksi Cepat (UAC) Jember. Masyarakat berdatangan mengantre dan membawa jeriken untuk mengambil air bersih pada titik lokasi penyaluran air dari truk tangki berkapasitas 5000 liter dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Distribusi air kami lakukan karena terjadi kekeringan sehingga kebutuhan untuk minum, mandi, atau pun lainnya tidak tercukupi,” kata Gian, dari Fundraising dan Pendayaganaan YDSF Jember. Mereka juga menempatkan tandon air sementara untuk masyarakat agar bisa mengambil air langsung jika di rumah tidak memiliki air sama sekali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Rifa, warga setempat, bersyukur dengan kegiatan ini. “Kami untuk mandi saja harus menempuh perjalanan dua kilometer ke sungai. Minum juga susah. Sebelumnya belum pernah ada bantuan seperti ini,” katanya.

Khusus untuk sembako, Genbi membagikan paket berisi lima kilogram beras, dua liter minyak goreng, satu kilogram tepung terigu, enam bungkus saset susu, satu bungkus kopi bubuk, satu bungkus mentega, satubungkus kecap manis, dan sembilan bungkus mi instan. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar