Peristiwa

Gelombang Tinggi di Laut Selatan Malang Siklus Tahunan

Malang (beritajatim.com) – Gelombang pasang air laut menerjang kawasan pesisir Kabupaten Malang bagian selatan. Gelombang tinggi terjadi sejak pukul 08.30 wib, Rabu (27/5/2020).
Dampak dari air laut naik ke permukaan ini, berimbas pada sejumlah pantai wisata di kawasan Malang Selatan. Pasalnya, air laut yang meninggi hingga meluber ke daratan hingga mengakibatkan sebagian kios pedagang di kawasan pantai Selatan Malang sempat tergenang air selama 4 jam lebih.
“Air baru surut siang hari. Diharapkan agar masyarakat sekitar pantai selalu waspada karena air pasang tinggi ini bisa terjadi lagi seiring dengan terjadinya air pasang laut,” ungkap Boncel, salah seorang Relawan Pantai Bajulmati di Kecamatan Gedangan Gedangan, Kabupaten Malang.
Menurut Boncel, gelombang tinggi ini adalah kejadian alam yang terjadi setiap 1 tahun sekali sebagai siklus alam yang terjadi dilaut.
Sementara itu, Anggota Satpolair Sendangbiru Malang, Yustiar menambahkan, kondisi diwilayah perairan Sendangbiru sejauh ini masih cukup aman terkendali.
“Penyebab air laut naik adalah angin baratan. Ini siklus 1 tahunan. Air laut pasang tinggi dan bisa mengakibatkan terjadinya banjir rob,” bebernya. (yog/ted)




Apa Reaksi Anda?

Komentar