Peristiwa

Gawat, Ruang Panel Terbakar Aliran Listrik RSSA Padam

Malang (beritajatim.com) – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Rabu, (27/2/2019). Kebakaran dimulai dari ruang panel atau ruang pengalir listrik di rumah sakit itu.

Direktur RSSA, Restu Kurnia Cahyani membenarkan kebakaran berawal dari ruang panel. Dugaan awal kebakaran karena arus pendek listrik. Apalagi di ruang panel banyak kabel listrik dan beberapa alat berbahan plastik.

“Penyebab masih kita investigasi, karena laporannya plastik sama plastik dari ruang panel itu. Apalagi banyak kabel disana,” kata Restu.

Restu mengatakan, hingga saat ini aliran listrik di RSSA padam dampak dari kebakaran ini. Sebab, kebakaran dilaporkan menyambar ke gardu listrik di RSSA. Sehingga aliran listrik di RSSA padam. Pihaknya meminta pasien untuk tidak panik.

“Masih kita evakuasi sampai saat ini. Tadi dampak kebakaran sampai ke gardu listrik, ini menjadi penyebab listrik padam. Nyamber ke gardu listrik akhirnya suplai listrik mati, tapi apinya tidak ada,” papar Restu.

Sebagai alternatif, pihak RSSA memasang baterai untuk beberapa alat kesehatan. Seperti ventilator, alat cuci darah, monitor dan beberapa lainnya. Dampak dari kebakaran ini membuat pelayanan di rumah sakit.

“Listrik padam semua alat kita back up dengan baterai, bisa bertahan hingga 5 jam. Saat ini kita sedang sewa genset, insyallah bisa ditangani. Apalagi pasien di IGD banyak sekali salah satunya pasien jantung,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar