Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Gapasdap Pusat Turun Demo di Banyuwangi Bawa Segelintir Tuntutan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Ratusan pekerja yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Banyuwangi melakukan demo menuntut kenaikan tarif penyeberangan. Pasalnya, mereka menilai kenaikan harga BBM membuat mereka sulit melakukan operasi jasa penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi.

Para demonstran ini, menggelar aksi dengan melakukan long march dari Kantor Gapasdap menuju kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Ketapang.

Dalam aksinya, mereka membawa sejumlah selebaran dan spanduk bertuliskan kecaman dan tuntutan kepada pemerintah. Di antaranya, meminta segera pemberlakuan tarif baru penyeberangan.

Baca Juga:

    Tak hanya itu, aksi ini dipimpin langsung oleh Kabid Usaha dan Pentarifan, DPP Gapasdap Pusat Rachmatika Ardiyanto. Dia turun langsung ke Banyuwangi demi menyuarakan tuntutan keberatan. “Naikkan tarif, naikkan tarif sekarang juga. Jangan diskriminasi kami,” suara demonstran, Jumat (23/9/2022).

    Mereka merasa tak percaya melihat kondisi yang ada. Karena, di posisi lain bersamaan dengan kenaikan harga BBM ada penyesuaian tarif. “Seharusnya pemerintah sudah menaikkan tarif tiket karena BBM sudah naik,” ujar orator.

    Selanjutnya, Rachmatika Ardiyanto mengaku, aksi menuntut kenaikkan tarif ini akibat pengusaha kapal yang kelimpungan dengan biaya operasional, pasca kenakan harga BBM.

    “Kami disini meminta pemerintah untuk peduli terhadap kami. Ini sudah 20 hari kenaikan harga BBM. Seharusnya, pemerintah sudah melakukan kenaikan tiket agar kami bisa hidup. Kami merugi sampai saat ini,” ucapnya.

    Rachmatika menyebut, kenaikan harga BBM membuat biaya operasional naik drastis hingga 45 persen. Kondisi itu dipengaruhi oleh harga BBM yang tiba-tiba naik, sementara tarif penyeberangan tetap. “Pemerintah dinilai menganaktirikan tiket penyeberangan. Sebab begitu harga BBM naik, sejumlah moda transportasi lain langsung menaikkan tarif,” katanya. (rin/kun)


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim TV

    Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

    Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev