Peristiwa

Gandeng FKPPI, FPRB Jombang Bagikan Ratusan Masker

Sekretaris FPRB Jombang Amik Purdinata (pakai rompi) menyerahkan masker dan sabun cair kepada pengurus FKPPI

Jombang (beritajatim.com) – Meski Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sudah masuk ke PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 2, namun penerapan protokol kesehatan (prokes) tidak boleh kendor. Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menjauhi kerumunan, harus tetap dilakukan.

Untuk itu, FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Jombang terus menyosialisasikan 5M ke masyarakat. Bahkan FPRB juga melakukan tindakan nyata dengan membagikan masker ke masyarakat. Di antaranya, ke desa-desa, serta menggandeng sejumlah lembaga untuk pembagian masker tersebut.

“Minggu kemarin kita melakukan kolaborasi dengan FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia). Kita serahkan bantuan ke organisasi tersebut berupa masker sebanyak 500 pcs dan sabun cair 3 dus. Masing-masing dus berisi 24 botol ukuran 500 ml,” kata Sekretaris FPRB Jombang Amik Purdinata, Senin (13/9/2021).

Anggota FPRB dan FKPPI kemudian membagikan ratusan masker tersebut kepada pengguna jalan yang melintas di depam TMP (Taman Makam Pahlawan). Sebelumnya, FPRB juga mengikuti acara tabur bunga di TMP Jombang dalam rangka HUT ke-43 FKPPI. “Kolaborasi antarlembaga sangat diperlukan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata Amik yang menyerahkan masker dan sabun tersebut secara langsung.

Hal senada juga diungkapkan Ketua FPRB Jombang dr Agung Sugiarto Masrum. Menurut Agung, disiplin menerapkan prokes merupakan kunci memutus rantai penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, meski Jombang sudah turun ke level 2, protokol kesehatan tidak boleh kendor.

Pembagian masker di depan TMP Jombang

Selain kerja sama dengan FKPPI, lanjut Agung, kolaborasi dengan lembaga lain juga dilakukan oleh FPRB. Semisal kerja sama dengan komunitas sepeda ontel Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, serta dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) beberapa waktu lalu.

“Kemudian, FPRB juga mendistribusikan masker, baju APD (alat pelindung diri), serta hand sanitizer ke belasan desa di Kabupaten Jombang. Ini kami lakukan untuk memutus penyebaran Covid-19. “Memakai masker dengan benar sangat penting untuk melindungi diri dari Covid-19 varian apapun,” ujar dokter yang berdinas di RSUD Jombang ini. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar