Peristiwa

Gagal Berangkat, Biaya Naik Haji Tahun Ini Dikelola BPKH

Kedatangan jemaah haji Sumenep tahun 2019

Sumenep (beritajatim.com) – Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) para calon jemaah haji (CJH) yang gagal berangkat tahun ini akan dikelola terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan akan ada ‘nilai manfaat’ yang diterima para CJH.

“Informasi yang kami terima dari pemerintah pusat, BPIH jemaah itu akan dibukukan dan dikelola. Nantinya para calon jemaah itu akan mendapatkan ‘nilai manfaat’ dari pengelolaan BPIH tersebut,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Rabu (3/6/2020).

Namun ia mengaku belum tahu persis, apa ‘nilai manfaat’ yang didapatkan para jemaah, hasil dari pengelolaan BPIH yang ‘mengendap’ selama 1 tahun akibat penundaan keberangkatan jemaah haji. Adapun nilai manfaat dari setoran pelunasan tersebut akan diberikan oleh BPKH kepada calon jemaah paling lambat 30 hari sebelum pemberangkatan kloter pertama pada penyelenggaraan haji 1442H/2021M.

“Kami belum tahu pasti, apakah nantinya ‘nilai manfaat’ itu berupa uang atau pelayanan bagi jemaah haji. Yang jelas menurut penjelasan Pak Menteri Agama, ‘nilai manfaat’ itu besarannya tidak sama, karena pelunasan masing-masing embarkasi juga tidak sama,” paparnya.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, A Rifa’i Hasyim

Ia mencontohkan, khusus Embarkasi Surabaya biaya pelunasannya Rp 37.577.602. Biaya itu lebih besar dari Embarkasi Aceh yang sekitar Rp 34 juta, dan lebih kecil dari Embarkasi Makassar yang sekitar Rp 38 juta. “Itu sebabnya, nilai manfaat untuk jemaah haji juga berbeda-beda,” lanjut Rifai.

Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk menunda keberangkatan calon haji 2020 ke 2021 karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Untuk Kabupaten Sumenep, total jemaah calon haji sebanyak 629 yang terpaksa tidak bisa berangkat tahun ini. Mereka boleh menarik BPIH nya, boleh tidak. Tapi ‘nilai manfaat’ itu hanya diberikan kepada calon jemaah yang tidak menarik BPIH nya,” ungkap Rifai. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar