Peristiwa

Forum Perempuan NU Jangan Mudah Percaya Berita Hoax

Semiloka dakwah sejuk tolak hoax untuk Indonesia optimis, digelar Forum Perempuan Muda Nahdliyin Jawa Timur, Minggu (17/2/2019) di Hotel Atria, Malang.

Malang (beritajatim.com) – Semiloka dakwah sejuk tolak hoax untuk Indonesia optimis digelar Forum Perempuan Muda Nahdliyin Jawa Timur, Minggu (17/2/2019) di Hotel Atria, Malang.

Hadir sebagai pemateri KH Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur. Menurut Kyai Marzuki, dirinya berpesan agar para dai dan daiyah, tidak mudah termakan kabar bohong atau berita hoax.

Semiloka hari ini, juga diikuti para pengurus NU Kabupaten Malang, Ketua Ansor, Ketua Fatayat NU dan sejumlah Pengurus Fatayat tingkat Jawa Timur. Sebanyak 225 dai dan daiyah muda se Jawa Timur, turut hadir dalam acara tersebut.

“Dai-daiyah muda NU jangan mudah termakan hoax, saring dulu setiap ada berita, teliti dulu dari mana sumbernya, siapa yang menyampaikan, agar berita yang kita terima betul-betul berita yang sesuai fakta dan jelas sumbernya,” terang Kyai Marzuki Mustamar.

“Berdakwah jangan takut, selama yang kita sampaikan benar, sesusi dengan tuntunsn ajaran islam ahlussunnah wal jamaah annahdliyah. Maka jangan ada kata takut, sampaikan dengan sejuk dan jangan menyampaikan sesuatu yang belum tentu kebenaranya serta tidak ada dasarnya,” tambah Kyai Mustamar.

Kyai Mustamar juga berpesan, berbeda pilihan tidak lantas membuat saling membenci. Tetapi, harus tetap berpegang pada islam rahmatal lil’alamin dengan politik kebangsaan yang santun.

Sementara itu, Koordinator Forum Perempuan Muda Nahdliyin, Hikmah Bafaqih menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk membentengi para dai-daiyah NU dari serangan hoax.

“Karena kita tahu akhir-akhir ini, serbuan berita hoax sangat memprihatinkan, lebih-lebih di media sosial, sangat masif sekali. Maka dari itu peran serta perempuan harus aktif turut serta menyebarkan kampanye sejuk tanpa hoax dan tanpa ujaran kebencian,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar