Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Forum Masyarakat Papua Surabaya Dukung Otsus Jilid II dan DOB

Surabaya (beritajatim.com) – Masyarakat Papua di Surabaya yang tergabung dalam Forum Masyarakat Papua Surabaya mendukung keberlanjutan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II dan Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Sekitar 30 orang masyarakat perantau Papua melakukan aksi menyampaikan pendapat pada Selasa, 7 Juni 2022, di Taman Bungkul, Kota Surabaya. Mereka terdiri dari orang tua, pelajar dan mahasiswa yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya termasuk di Madura.

Selain melakukan orasi juga mereka juga membentangkan spanduk dan poster.

“Kami Mendukung Penuh Pengesahan UU Otsus dan Pemekaran DOB di Papua untuk Papua yang Damai dan Sejahtera. Forum Masyarakat Papua Surabaya,” tulis poster massa aksi.

“Pemekaran DOB adalah Aspirasi Masyarakat Papua dan Papua Barat. DUKUNG !!!,” kata poster massa aksi.

“Kami Orang Asli Papua di Jawa Timur Dukung Keberlanjutan Otsus di Papua,” tulis poster dan banyak lainnya.

Korlap aksi Marten Kowa mengatakan pihaknya mendukung pemekaran daerah otonomi baru menjadi 5 daerah baru di Papua. Dia sebagai warga Papua yang merantau merasa bangga dengan kebijakan Presiden Jokowi.

“Sekalipun banyak tantangan kami bangga, kita tetap mendukung program Pemerintah Republik Indonesia,” kata Marten Kowa di Surabaya.

Dia menegaskan apapun yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Otsus dan DOB ini merupakan permintaan mutlak daripada masyarakat Papua demi kesejahteraan rakyat Papua itu sendiri. “Kita kenal bersama bahwa otonomi khusus sudah berlangsung begitu lama,” katanya

Ini pernyataan sikap Komunitas Orang Papua terkait Otsus dan DOB :

1.Mendukung penuh pengesahan Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II yang tentunya telah dievaluasi demi keberlanjutan pembangunan infrastruktur, kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat Provinsi Papua dan Papua Barat.

2.Mendukung rencana pemekaran wilayah melalui mekanisme Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua karena merupakan aspirasi masyarakat Papua sejak lama dalam rangka pemerataan pembangunan dan memajukan Papua sejajar dengan provinsi lain di Indonesia.

3.Mengajak seluruh elemen masyarakat perantau Papua dimanapun berada untuk bersama-sama mendukung Otsus dan DOB demi Papua yang sejahtera dan damai.

4.Meminta kepada pemerintah menyelesaikan permasalahan Papua secara bermartabat demi terciptanya situasi kondusif dan damai di Papua.

5.Stop provokasi dan berita hoax tentang Papua, Tuhan telah menakdirkan Papua bagian dari NKRI, mari manatap ke depan, membangun tanah air, membangun Papua. [asg/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar