Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Festival Kali Brantas Hari Ketiga di Kampung Putih Malang Ajak Warga Bangkit Pasca Banjir Bandang

Aksi anak-anak di sekitar Kampung Putih

Malang (beritajatim.com) – Hari ketiga gelaran Festival Kali Brantas Selasa (26/07/2022) berlangsung di Kampung Putih Klojen.

Ki Demang, Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang sebagai inisiator Festival Kali Brantas di 7 Kampung Tematik menjelaskan jika gelaran di hari ketiga ini bertema Bersih Kaliku Putih Kampungku.

“Festival kali ini semua warga keluar dan terlibat, nampaknya setelah bencana banjir bandang November tahun lalu membuat mereka semakin sadar akan pentingnya menjaga sungai”. Jelas Ki Damang melalui keterangannya.

Festival Mural dan Kali Brantas itu dipandu Duta Budaya Dikbud Kota Malang Satria dan Silvi. Ada berbagai penampilan mulai dari baca puisi, aksi teatrikal, kentongan, menari anak anak, tari Bapang di pinggir sungai, kampanye kali bersih, produk olahan sampah, dan kuliner kampung putih.

Selain itu, orasi budaya yang disampaikan oleh Mbah Karjo tentang ragam macam binatang endemik sungai yang perlu dijaga dan dipelihara “Di kali Brantas ini ada ikan, ular, binatang melata lainnya sebagai bagian makhluk hidup yang bermanfaat bagi manusia”. Terang pria yang dengan nama asli Samsul Subadri.

Lurah Klojen, Waluyo menuturkan jika ke depan rumah sekitar sungai akan diubah. “Ke depan rumah yg membelakangi sungai akan diubah dan menghadap sungai, agar sungai menjadi halaman depan bagi kampung putih”. ini upaya untuk menjadikan kampung ini sebagai kampung sungai bersih dan indah.

Foto bersama warga dan pemerintah di aliran sungai Brantas

Heri Sunarko, Camat Klojen mengapresiasi Festival Kali Brantas tahun ini yang diselenggarakan secara bergantian. “Ini gagasan kreatif dari Forkom Pokdarwis Kota Malang dan ke depan perlu ditingkatkan dan bekerjasama dengan banyak pihak.” Terang Hari.

Festival itu kemudian dilanjutkan dengan keliling kampung, semua warga membawa poster dan menuliskan pesan jaga Brantasku jangan kotori Sungaiku, Jangan buang sampah sembarangan, Berani mengolah sampah anda hebat dan lain-lain.

Turut hadir Forkom Pokdarwis dan Perwakilan Kampung tematik, hadir dalam acara Disporapar, Camat Klojen, Lurah Klojen, DLH, BPBD, Kominfo. Selain itu musisi seniman budayawan Malang juga ikut mendukung acara. (dan/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar