Peristiwa

Fenomena Gerhana Matahari di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Gerhana matahari sebagian terjadi dan terlihat di kabupaten Pamekasan, sekitar pukul 11:05 WIB. Khususnya di area Monumen Arek Lancor, Kamis (26/12/2019).

Hal tersebut berdasar pengamatan yang dilakukan oleh salah satu komunitas falakiyah yang dipusatkan di alun-alun Kota Pamekasan. Bahkan terdapat sejumlah warga yang penasaran melihat langsung kondisi gerhana melalui alat yang disiapkan.

“Gerhana kali ini terdapat dua fenomena gerhana matahari berbeda, yakni gerhana matahari cincin di daerah dekat khatulistiwa. Sementara di luar daerah itu gerhana sebagian,” kata Kepala Laboratorium Syariah IAIN Madura, Hosen kepada beritajatim.com.

Diakuinya, gerhana matahari kali ini khususnya di Pamekasan, terjadi sejak pukul 11:05 WIB. “Namun kebetulan pada saat itu, kondisi cuaca berawan dan tidak terlihat. Saat ini sudah terlihat gerhana (matahari) sebagian,” ungkapnya.

“Fenemome gerhana matahari kali ini diprediksi bakal berlangsung hingga beberapa jam kedepan, yakni hingga sekitar pukul 14:35 WIB,” sambung pria yang juga tergabung di komunitas falakiyah PCNU Pamekasan,” jelasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar