Peristiwa

FDR Ditemukan, Operasi Pencarian Korban Terus Dilakukan

Jakarta (beritajatim.com)- Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya SJ-182 berhasil ditemukan tim SAR gabungan, Selasa (12/1/2021) sore. Namun, baru satu bagian saja, yaitu Flight Data Recorder (FDR). Yang menjadi orientasi pencarian berikutnya adalah Cockpit Voice Recorder (CVR).

“Dengan keyakinan yang tinggi Cockpit Voice Recorder (CVR) akan segera ditemukan. Operasi ini belum selesai, karena akan terus kita lakukan evakuasi korban termasuk seluruh potongan body pesawat kita upayakan diangkat,” ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, Selasa (12/1/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kabasarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito, dan Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Thahjono.

Panglima TNI kembali menegaskan komitmennya bahwa TNI mendukung penuh Basarnas dalam pelaksanaan operasi SAR hingga tuntas. “Operasi SAR sudah kita laksanakan mulai hari Sabtu malam sampai dengan hari ini oleh TNI-Polri dan mitra dalam rangka mendukung Basarnas,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengapresiasi kerja keras, sinergitas, dan soliditas hingga hari keempat pelaksanaan operasi SAR. “Koordinasi yang apik antara TNI, Polri, Basarnas, KNKT, dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan operasi SAR,” katanya.

Sementara Kabasarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan unsur TNI, khususnya TNI AL yang telah mengerahkan daya dan upaya sehingga operasi SAR dapat berjalan dengan baik. [hen/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar