Peristiwa

Fahri Hamzah Resmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa dan KH Hasbullah

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019, Fahri Hamzah meresmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa yang terletak di jung timur Surabaya, Kamis (12/11/2020).

Peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Fahri, bersama pengurus makam Djaun Fahmil Ilmi dan anggota DPRD Surabaya, Budi Laksono.

Peresmian juga dikuti dengan acara ramah tamah oleh Ikatan Kerukunan Keluarga Sumbawa (IKKS) di Surabaya.

“Alhamdulilah kita ada ikhtiar kecil, kita mulai sebuah rangka untuk membangun kompleks dua tokoh besar yang pelan-pelan terungkap. Begitulah orang-orang besar, kita tidak dengar, insyaallah dengan karunia Allah terungkaplah,” ujar Fahri.

Sebagai putra Sumbawa, Fahri merasa bersyukur bertemu dengan pengurus makam waliyullah Syekh Umar Sumbawa, Djaun Fahmil Ilmi atau Gus Fahmi yang merupakan keturunan KH Hasbullah, seorang tokoh ulama yang kali pertama memakmurkan makam Syekh Umar Sumbawa.

“Kita bertemu dan berkolaborasi untuk mengembangkan tempat ini. Bukan hanya soal materil ekonomi bisa tumbuh, tapi yang paling penting nilai sejarah, nilai perjuangan,” tuturnya.

Sementara itu, Gus Fahmi menyampaikan, bagaimana KH Hasbullah yang merupakan tokoh ulama besar pada waktu itu menyelamatkan jasad Syekh Umar Sumbawa.

Gus Fahmi juga bercerita bagaimana jasad Syekh Umar Sumbawa bisa terdampar di pesisir Kedung Cowek. Selebihnya, dia menjelaskan makam Syekh Umar Sumbawa yang banyak dikunjungi para peziarah dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Peziarah datang sampai berbus-bus di sini. Bahkan, ada yang dari Kalimantan dan Malaysia,” ucap Gus Fahmi.

Gus Fahmi juga bersyukur, melalui kedatangan Fahri Hamzah dan peresmian Gapura, dia sebagai pengurus makam bisa bersilaturahim dengan para tokoh Sumbawa. Mengingat Syekh Umar Sumbawa sendiri sebagai saudagar juga turut menyebarkan agama Islam.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini, di samping menguatkan ukhuwah, kita dengan keluarga Sumbawa menjadikan saudara,” jelasnya.

Sedangkan Ketua IKKS, Tansil Mu’is menyampaikan terima kasih atas peresmian dan silatuhrahim tersebut sehingga keluarga Sumbawa kembali berkumpul. Ke depannya, pihaknya akan melalukan perkumpulan tiap tahun melalui haul Syekh Umar Sumbawa.

“Insyaallah untuk tahun-tahun selanjutnya tiap tahun akan ada haul, insyaallah di tahun berikutnya kita ikut hadir mendoakan di haulnya nanti,” ujar Tansil.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke dua makam, yakni Syekh Umar Sumbawa dan KH Hasbullah. Fahri dan masyarakat Sumbawa pun menabur bunga di kedua makam tersebut. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar