Peristiwa

Face Off Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo, Tebang 18 Pohon Angsana

Ponorogo (beritajatim.com) – Face off jalan HOS Cokroaminoto sudah mulai dilakukan. Penebangan pohon Angsana yang tumbuh subur di sepanjang jalan itu mengawali face off tersebut. Mulai hari Kamis (25/3) ini, rencananya ada 18 pohon Angsana yang awalnya menjadi pohon peneduh itu mulai ditebang.

“Tidak semua pohon Angsana ditebang. Dari¬† total ada 100 pohon, hanya 18 pohon saja yang akan ditebang,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengambangan (Bappeda Litbang) Ponorogo, Sumarno, Kamis (25/3/2021).

Penebangan pohon tersebut sudah berdasarkan kajian dan evaluasi dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP). Ada pohon yang akarnya sudah merusak drainase yang ada di jalan itu. Selain itu, trotoar di jalan HOS Cokroaminoto akan diperlebar 2,5 meter di sisi kanan dan kirinya.

“Pohon yang ditebang itu nantinya akan diganti dengan pohon yang baru,” katanya.

Pohon baru tersebut, kata Marno bukan lagi pohon Angsana, melainkan pohon Pule. Pengadaan pohon Pule tersebut merupakan bantuan dari beberapa pihak. Penanamannya pun, bersamaan dengan pelebaran trotoar. Selain itu, nantinya jalan HOS Cokroaminoto juga akan dibangun 8 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum milik PLN, tersebar di jalan yang panjangnya mencapai 700 meter tersebut.

“Pohon yang ada itu akan diremajakan, diganti dengan pohon Pule, yang merupakan bantuan dari beberapa pihak,” katanya.

Untuk diketahui, 99 hari kerja Bupati Sugiri Sancoko dan Wakil bupati Lisdyarita  akan merubah total jalan HOS Cokroaminoto. Jalan tersebut akan diface off atau dirombak ala jalan Malioboro Jogjakarta. Rencananya, kedua trotoar kiri dan kanan akan diperlebar. Akan ada penambahan lampu-lampu taman. Selain itu juga akan dibangun spot-spot selfie. Diharapkan bukan hanya masyarakat Ponorogo saja yang akan mengunjungi, tapi juga dari masyarakat luar kota. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar