Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Evaluasi Kinerja Bupati – Wabup, BEM Sumenep Demo, Soroti Alih Fungsi Lahan

BEM Sumenep unjuk rasa ke Pemkab, tuntut penghentian alih fungsi lahan (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumenep berunjuk rasa di depan kantor Pemkab setempat, Rabu (03/11/2021).

Mereka membentangkan dua spanduk panjang warna putih dengan tulisan warna merah, ‘Evaluasi Kinerja Fauzi – Eva’, dan ‘Apa Kabar Bismillah Melayani’. Selain itu, mahasiswa juga membawa poster-poster bertuliskan protes.

“Kekayaan alam yang dimiliki Sumenep ternyata tidak membuat masyarakatnya sejahtera, karena banyaknya alih fungsi lahan, seperti tambak udang. Parahnya, pemerintah diam. Tidak melakukan apapun. Akibatnya, masyarakat yang awalnya petani, tidak bisa lagi menggarap lahannya,” kata Korlap Aksi, Nur Hayat.

BEM Sumenep unjuk rasa ke Pemkab, tuntut penghentian alih fungsi lahan (foto : Temmy)

Menurutnya, peralihan profesi masyarakat dari mayoritas sebagai petani dan nelayan, saat ini menjadi buruh tambak udang, merupakan pemandangan pahit yang telah terjadi.

“Mereka menjadi buruh di lahannya sendiri. Ini benar-benar memprihatinkan. Pemerintah seakan memberi ruang kepada pemilik modal untuk mengeksploitasi kekayaan alam, tanpa memperhatikan dampaknya,” tandas Nur Hayat.

Para pengunjuk rasa membeber sejumlah tuntutan kepada pemerintah kabupaten. Diantaranya, hentikan alih fungsi lahan. “Tindak tegas investor nakal pemilik tambak udang, dan berikan pembinaan pada masyarakat,” ujarnya.

Puas berorasi, mahasiswa yang mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian pun membubarkan diri dengan tertib. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati