Peristiwa

Evakuasi Tanah Longsor Banyuwangi Terkendala Akses Jalan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah aparat keamanan dari Kodim 0825 Banyuwangi membantu proses evakuasi tanah longsor di Dusun Sadang, Desa Pakel, Kecamatan Licin. Pasca longsor, terdapat puing-puing reruntuhan yang harus dibersihkan.

Namun, aparat dan warga terkendala akses untuk evakuasi. Jalan satu-satunya menuju lokasi sangat sulit. Kontur tanah berbukit dan akses jalan yang sempit menyulitkan. “Proses yang kita lakukan adalah mulai dari evakuasi korban yang tertimbun tanah, kemudian kita bantu pemakaman,” jelas Danpos Ramil Licin, Peltu Agus Sugiharto, Kamis (16/6/2021).

Selanjutnya, kata Agus, ada beberapa yang perlu dilakukan pembersihan. Karena kondisi rumah sudah rata dengan tanah. “Ada tiga motor yang berhasil kita evakuasi. Kemudian barang berharga lain masih belum ditemukan,” katanya.

Hingga saat ini, lanjut Agus, masih terus dilakukan upaya bantuan evakuasi dan pembersihan. Meskipun masih terkendala alat. “Kita pakai alat seadanya, alat berat tidak bisa masuk karena akses jalan tidak bisa dilalui,” pungkasnya.

Kejadian tanah longsor ini mengakibatkan tujuh orang menjadi korban. Lima selamat, satu orang sempat tertimbun dan satu anak berusia 11 tahun meninggal dunia. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar