Peristiwa

Evakuasi Pohon Beringin Tumbang, Polres Lumajang Terjunkan Anggota

Lumajang (beritajatim.com) – Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Seno mengerahkan puluhan personil untuk membantu Pemkab dalam mengevakuasi pohon beringin ikon Alun-alun Kota Pisang yang tumbang. Berbekal mesin pemotong kayu, mereka memindahkan potongan ranting serta batang, Senin (18/1/2021).

Eka Yekti mengaku, pohon beringin memang identitas sebuah pusat kota di daerah Jawa. Bahkan, memiliki nilai filosofi lingkungan dan kehidupan. “Kita bantu membersihkan dari tumbangnya pohon beringin,” ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih itu bukan hanya dari Polres Lumajang, tapi juga dari TNI, Satpol PP dan petugas Dinas Lingkungan Hidup. Warga yang ingin mendekat ke lokasi robohnya pohon juga diminta untuk menjauh, karena bukan tontonan.

“Ayo jangan berkerumun, kalau mau membantu membersihkan potongan batang, ranting dan dedaunan monggo,” ujar Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhar Ma’arif saat ada warga mencoba mendekat ke pohon beringin.

Sekedar diketahui, Bupati Lumajang Thoriqul Haq akan menanam kembali pohon beringin yang lebih kokoh di lokasi yang sama. Proses evakuasi masih dilakukan, karena batang besar beringin tidak mudah dipotong dengan mesin kecil. [har/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar