Peristiwa

Perayaan 17 Agustus

Enam Rumah Ibadah di Surabaya Gelar Malam Tirakatan Bersama

Enam tokoh agama, merayakan malam tirakatan di lokasi enam tempat ibadah pertama di Indonesia, Jumat (16/8/2019) malam bersama warga

Surabaya (beritajatim.com) – Berdoa bersama menjadi pilihan para warga Royal Residen, Surabaya bersama enam tokoh agama di enam rumah ibadah, untuk mengenang dan menyambut hari Kemerdekaan yang ke 74, Jumat malam (16/8/2019).

Yang menarik bukan hanya bersilahturahmi bersama dengan warga, lokasi doa bersama yang membuat kerukunan antar beragama di tempat ini begitu erat. Bagaimana tidak, satu lokasi di cluster belakang terdapat enam tempat ibadah yang sengaja dibangun berdiri bersama, diantaranya Masjid, Klenteng, Vihara, Pura dan Gereja Protestan dan Katolik.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini, sedikit berbeda. Untuk tahun ini karena enam tempat ibadah sudah berdiri dan para warga memilih membuat acara di lokasi ini supaya perbedaan bisa menyatukan mereka.

“Dengan kegiatan seperti ini mudah-mudahan bisa tetap rukun antar umat beragama, dan lebih solid untuk Indonesia. Tahun ini lebih spesial karena malam tirakatannya kita pilih di enam rumah ibadah baru. Bisa dilihat meskipun belum semuanya rampung tapi kita berusaha untuk segera selesai tepat di malam 17 Agustusan,”ucap Indra Prasetyo, Ketua Forum Komunikasi antar rumah ibadah.

Lebih lanjut, bukan hanya doa bersama, warga juga diajak makan tumpeng bersama sambil menikmati film dokumenter tentang peperangan yang menjadikan bahan diskusi dengan salah satu veteran angkatan laut, warga setempat.

Diketahui sebelumnya, di Indonesia baru pertama kalinya di komplek perumahan di kawasan Surabaya barat ini dibangun enam tempat ibadah untuk warga sekitar. [way/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar