Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Enak Dimasak, Kenali Manfaat Bunga Kecombrang yang Bisa Melancarkan Sirkulasi Darah

Bunga Kecombrang, YouTube Kunci Sehat

Surabaya (beritajatim.com) – Kecombrang merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah. Tak ayal jika tumbuhan ini kerap dijadikan olahan makanan, terlebih pada bagian bunganya. Biasanya masyarakat lebih suka memasak bunga kecombrang dengan cara ditumis atau dijadikan campuran untuk sambal.

Bunga kecombrang yang berwarna kemerah-merahan tersebut bahkan dipercaya memiliki kandungan baik di dalamnya, mulai dari fosfor, karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, kalium, dan seng. Jadi tak hanya rasanya yang nikmat, olahan bunga kecombrang juga kaya akan manfaat. Berikut beberapa manfaat bunga kecombrang.

 

Melindungi gigi dan tulang

Karena mengandung mineral, kalium, kalsium, seng, dan lainnya, tak ayal jika mengonsumsi bunga kecombrang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih pada gigi dan tulang. Terlebih jika dikonsumsi oleh anak-anak yang memasuki masa pertumbuhan.

 

Anti kanker

Kandungan bunga kecombrang yang kaya akan antioksidan membuatnya baik dijadikan opsi menu makanan karena mampu memperlambat kerusakan akibat tumbuhnya sel kanker. Selain itu dapat juga menangkal pertumbuhan bakteri dan kerusakan sel yang ada dalam tubuh.

 

Mengatasi asam lambung

Bagi yang memiliki riwayat sakit asam lambung, mengonsumsi bunga ini merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya bantu mengobati namun juga sebagai pencegah munculnya, hal ini karena adanya kandungan bunga kecombrang yang dapat menetralkan asam pada lambung.

 

Mencegah infeksi

Karena memiliki sifat antimikroba, bunga kecombrang dianggap mampu mencegah timbulnya infeksi pada luka pada kulit. Selain itu, bunga kecombrang juga baik untuk proses penyembuhan akibat kulit terluka. Tak ayal jika ada orang menggunakan bunga ini sebagai pengobatan alternatif.

 

Mengatasi mual dan nyeri

Kandungan baik yang ada pada kecombrang juga dapat mengatasi rasa nyeri sekaligus mual. Jadi, mengonsumsi bunga kecombrang sangat cocok untuk ibu hamil maupun pra wanita yang sedang memasuki masa haid.

 

Mengatasi bau badan

Mengonsumsi bunga ini juga dipercaya mampu mengatasi bau badan. Hal tersebut dikarenakan kecombrang mengandung beberapa zat, seperti flavonoid, saponin, dan polifenol, yang dapat menghilangkan bau dalam badan.

 

Melancarkan sirkulasi darah

Bunga ini juga mengandung senyawa alami yang dipercaya dapat membersihkan darah. Jadi, aliran darah yang lancar dapat sekaligus membawa bakteri ataupun virus yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan. [fyi/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar