Peristiwa

Empat Titik Penyekatan Hadang Pemudik Masuk Jombang

foto/ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – Satlantas Polres Jombang melakukan penyekatan di empat titik. Hal itu sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Empat penyekatan itu masing-masing di pintul tol Tembelang, kemudian pintu tol Bandarkedungmulyo, lalu depan Koramil Mojoagung, serta simpang empat Sukorame Kabuh, Jombang. “Pada empat titik tersebut kita dirikan posko, serta kita siagakan petugas,” ujar Kasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto, Sabtu (24/4/2021).

Rudi menjelaskan, masing-masing titik tersebut terdapat petugas gabungan dari Satgas Covid-19, Polres Jombang, Kodim 0814, Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Satpol PP. Kendaraan yang keluar dari pintu tol Tembelang Jombang diberhentikan oleh petugas di depan Pos Check Point Ops Ketupat Semeru.

Nah, kendaraan yang bertujuan mudik dari luar Jombang akan diputar balik kembali ke jalur tol. “Pengecekan Rapid Antigen berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, untuk karantina apabila terdapat masyarakat yang reaktif,” ujar Rudi.

Begitu juga dengan tiga titik lainnya. Petugas menghimbau kepada para pengendara yang terindikasi akan mudik untuk kembali (putar balik) ke tempat asal. “Mereka kita imbau untuk tidak mudik,” ujar Kasatlantas yang belum genap tiga bulan menjabat ini.

Rudi menjelaskan, aturan tersebut sesuai dengan addendum surat edaran nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan suci Ramadan.

“Aturan tersebut berlaku pada periode H-14 menjelang masa peniadaan mudik (6 Mei s/d 17 Mei 2021) mulai 22 April 2021. Sedangkan periode H+7 pasca peniadaan mudik (6 Mei s/d 17 Mei 2021) berlaku pada 18 sampai 24 Mei 2021,” pungkas Rudi. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar