Peristiwa

Empat Kebakaran Terjadi di Mojokerto

Kebakaran TPA Belahan Tengah di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. [Foto : istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Kasus kebakaran masih terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, setidaknya ada empatkejadian pada Senin (16/9/2019). Kebakaran pertama terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), gudang rosokan (barang bekas, red) dan dua lahan di Kecamatan Mojoanyar dan Gedeg.

Kebakaran TPA Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Dua unit mobil pemadam kebakaran (PMK) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

“Api membakar material sampah dengan luas lahan sekitar 25×50 m². Diduga api berasal dari puntung rokok, setelah petugas berhasil memadamkan api di TPA Belahan Tengah, kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Mojoanyar,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, Selasa (17/9/2019).

Kebakaran lahan tersebut terjadi di Dusun Ngumpak, Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, sekira pukul 13.50 WIB. Rumpun bambu yang terbakar milik Bambang dengan luas 30 x 40 m² tersebut berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil PMK diturunkan.

“Sekira pukul 15.00 WIB, api telah berhasil dipadamkan dan sekitar pukul 17.00 WIB terjadi kebakaran di Desa Perning, Kecamatan Jetis. Api membakar sebuah gudang rongsokan milik Candra Wily warga sekitar. Dari keterangan saksi, ada kepulan asap dari belakang gudang,” katanya.

Masih kata Zaini, setelah dicek oleh salah satu karyawan diketahui bahwa api berasal dari tumpukan kain perca dan sampah plastik yang ada di bagian belakang. Dibantu warga, saksi mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun si jago merah tidak bisa dipadamkan.

“Sehingga dilaporkan dan kita terjunkan 8 unit mobil PMK dari Kabupaten dan Kota Mojokerto. Sekira pukul 19.30 WIB, api baru bisa dipadamkan. Yang terbakar berupa tumpukan rongsokan plastik dan kardus dengan nilai kerugian sekitar Rp30 juta, ” jelasnya.

Sementara kebakaran keempat yakni kebakaran lahan tebu di Desa Losari, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto sekira pukul 21.00 WIB. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar