Peristiwa

Eks Karyawan RNM Demo Lagi, di Saat Lainnya Terima Pesangon

Surabaya (beritajatim.com) – Sejumlah mantan karyawan PT Rollas Nusantara Mandiri (RNM) kembali melakukan aksi demontrasi di depan kantor RNM dan PTPN XII. Mereka menuntut agar dibayarkan upah sesuai permintaan mereka yakni Rp 600 juta lebih.

Namun sebelum aksi berlangsung ternyata kuasa hukum 13 mantan karyawan, DDA sudah melakukan serah terima pesangon dengan nilai total Rp 203 juta untuk 13 mantan karyawan PT RNM.

7 mantan karyawan pun langsung melakukan pengambilan uang pesangon itu di cafe Rollas Indrapura. Namun selang 2 jam kemudian 6 mantan karyawan lainnya melakukan aksi demontrasi.

Antoni Matondang, Korlap Aksi demontrasi mengaku jika 6 orang mantan karyawan RNM yang diwakilinya sudah mencabut pemberian kuasanya pada DDA. Surat pencabutan kuasa itu disampaikan 21 November lalu, sedangkan kesepakatan PB yang menyepakati pesangon sebesar Rp 203 juta terjadi di tanggal 26 November.

“Tentunya DDA sebagai kuasa hukum 6 eks karyawan ini sudah batal secara hukum. Dan kami akan terus meminta tanggung jawab RNM untuk menuntaskan hak 6 orang eks karyawan ini,” jelas Antoni.

Sementara itu, kuasa hukum PT RNM, Dr Sunarno Edi Wibowo SH MHum mengaku dirinya sudah memenuhi kesepakatan tripartit yang ditengahi oleh Dinas Ketenagakerjaan Jatim. Dan pesangon Rp 203 juta itupun atas rekomendasi dinas.

“Secara lembaga, kami sudah memenuhi kewajiban kami. Jika dibelakang eks karyawan berkasus harusnya itu diselesaikan sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu Ardi Iriantono, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII pun mengamini jika permasalahan di RNM ini sudah tuntas dan sudah ada kesepakatan tripartit-nya.

“Kami menghormati langkah hukum ini dan harap ini sudah tuntas,” tandas Ardi.[rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar